Mari bersama berbagi informasi
KARTINI KOMPUTER SEBARKAN ILMU KEPADA SIAPA SAJA Pemberian yang tidak pernah habis adalah menyebarkan Ilmu yang bermanfaat

PC/DESKTOP
LAPTOP

Wednesday, April 21, 2010

Merakit PC Sendiri

Bagi yang ingin mempelajari bagaimana cara merakit PC sendiri, sebenarnya tidaklah terlalu sulit, sebelumnya terlebih dahulu kita mengetahui nama nama dan fungsi dari hardware yang akan kita rakit, oke langsung saja ke Tkp:

A.PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

1.Power Supply

Berfungsi sebagai pemberi tegangan atau daya untuk semua perangkat keras yang ada didalam komputer, power supply termasuk part yang paling penting didalam komputer, karena tanpa power supply semua hardware tidak akan dapat bekerja.









Power supply memiliki banyak konektor. Dan masing-masing dari konektor memiliki fungsi yang berbeda. Walaupun sebagian kabel memiliki tegangan listrik yang sama, tetapi setiap konektor sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.

Untuk pengenalan, ada beberapa tipe konektor dan fungsinya pada komputer.

1. ATX power connector (20pin + 4pin) : ATX 20/24 pin konektor digunakan untuk menghubungkan power supply unit (PSU) ke motherboard. Versi lama dari ATX motherboard masih menggunakan ATX 20 pin konektor, jika kita menggunakan motherboard yang terbaru sudah membutuhkan ATX 24 pin konektor. Konetktor ini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berjumlah 20 pin dan bagian kedua 4 pin. Jika kita menggunakan motherboard yang baru maka gabungkan antara 20 + 4 pin konektornya.


2. AT power connector (12 pin) : konektor ini digunakan untuk motherboard kelas Pentium II kebawah. Konektor yang memiliki 12 kabel ini dikelompokkan terpisah menjadi 2 bagian. Bagian pertama disebut Konektor P8 dan bagian kedua disebut P9. Masing-masing konektor memiliki 6 kabel. Untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan, kita cukup mempertemukan konektor yang memiliki kabel hitam di tengah-tengah.


3. Molex connector : Konektor ini digunakan sumber tenaga bagi hard disk dan cd drive. Kadang sebagian produsen juga membuat fan / kipas pendingin, lampu-lampu dan asesoris lainnya menggunakan konektor ini. Konektor ini memiliki 4 kabel yang berbeda warna, yaitu Merah, Hitan dan Kuning. Setiap warna memiliki sumber tegangan yang berbeda-beda pula.


4. Berg connector : merupakan konektor ukuran mini dari Molek. Konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau pun external audio card. Warna yang digunakan sama dengan molek konektor, yaitu Warna Kuning (+12V), Merah (+5V) dan Hitam (0V atau Ground). Karena penggunaan konektor ini jarang sekali, makanya pada setiap PSU hanya berjumlah 1 atau 2 paling banyak.


5. ATX 12V (Intel) 4 pin connector : Konektor ini kebanyakan dipakai oleh para pengguna yang menggunakan Processor buatan Intel. Fungsi dari konektor ini adalah sebagai penyedia tenaga tambahan sebesar 12 V untuk Pentium 4 CPU. Jadi pada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan. Sekarang sebagian AMD motherboard juga sudah menggunakan konektor ATX 12V ini.


6. 6 pin PCI-E connector : Konektor yang satu ini memang jarang ditemukan untuk semua PC. Biasanya orang yang menggunakan PSU ini adalah orang yang bekerja di bidang Multimedia khususnya Video. Karena konektor ini hanya digunakan sebagai penambah daya untuk video card yang menggunakan slot PCI Express. Jika kita menggunakan Videoa Card jenis ini, tentu saja kita harus memiliki PSU yang mendukung untuk konektor ini.


7. SATA Power connector : Konektor ini merupakan jenis terbaru yang biasa digunakan untuk power pada Hard Disk SATA (serial ATA). Konektor ini disambungkan melalui Molek konektor (extended).

Sebagian sumber dari: http://pcguru.okihelfiska.net/2008/12/mengenal-tipe-tipe-konektor-pada-power-supply/


2.Mother Board

Mother Board atau disebut juga mainboard atau mobo berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.
Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.


3.Processor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.


4.Ram

RAM Atau Random access memory, pada komputer/pc mempunyai fungsi fital. Kurang lebihnya menyimpan sementara informasi yang akan di tayangkan oleh monitor. gambarannya begini; Jika kita mengklik membuka sebuah file maka informasi tadi tidak serta merta langsung menuju proccessor. Melainkan melewati RAM, baru kemudian disampaikan ke Processor . Oleh procsessor informasi tadi di olah kemudian diberikan intruksi kepada komponen lain agar mencari letak file tersebut, dan membukanya.Nah proses membuka file ini pun akan melewati RAM kembali.


6.Harddisk

Harddisk berfungsi sebagai media penyimpan data dalam sebuah komputer, semua program operating system dan file yang yang kita buat datanya tersimpan disini. Saat ini harddisk mempunyai dua macam socket:
Socket sata

Socket IDE/ PATA

Besarnya kapasitas penyimpanan dalam harddisk dinyatakan dalam byte , saat ini kapasitas penyimpanan harddisk telah mencapai dalam satuan terabyte atau setara dengan 1000 penyimpanan video cd film atau lagu.


6.CD/DVD room

CD/DVD Room berfungsi hampir sama dengan harddisk. perbedaannya hanya pembacaan/penyimpanan datanya menggunakan media compact disk (CD) , proses instalasi awal program (operating system) memakai media ini, walaupun bisa juga menggunakan flasdisk bagi komputer yang mempunyai botable usb.


7.Vga



Untuk menampilkan gambar kemonitor dibutuhkan VGA Card, sebagian mainboard standard biasanya sudah dilengkapi dengan VGA onboard dibagian panel belakangnya


bentuk dari socket VGA yang terdapat di motherboad seperti gambar disamping




Ada beberapa jenis VGA yang beredar di pasaran:

1.VGA PCI, vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot PCI, saat ini type ini sudah jarang digunakan



2.VGA Jenis AGP, vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dan susunan pinya yang saling menyilang.

3.PCI Express, Vga jenis ini adalah generasi terbaru dan biasanya digunakan pada mainboard dengan jenis processor LGA, bagi para penggemar game dengan tingkat resolusi tinggi sebaiknya menggunakan VGA jenis ini. Dipasaran tersedia berbagai macam merek dan kapasitas, tinggal disesuaikan dengan budget yang kita punya.


6.Mouse

Benda kecil mirip tikus ini berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar monitor atau mengklik ikon, pada layar.
Dengan menggerakkannya kekiri dan kekanan. Ada dua macam mouse yang beredar dipasaran saat ini: yang pertama Mouse Optik, dan yang kedua mouse scroll mengunakan bola yang sudah jarang digunakan saat ini. Sedangkan menurut type socketnya ada yang menggunakan USB dan ada juga yang menggunakan PS2 Socket. Dan sekarang juga ada mouse yang sudah menggunakan Bluetooth yang sudah tidak memerlukan kabel lagi


7.Keyboard

Untuk mengetik tulisan dan membuat sebuah artikel, kita sangat membutuhkan barang yang satu ini, terdapat dua macam type socket: PS2 dan Usb dan sekarang juga sudah tersedia dipasaran keyboard yang sudah menggunakan bluethooth yang tidak membutuhkan kabel lagi untuk koneksinya ke komputer (PC).

Bagi yang ingin melihat bagaimana cara merakit sebuah PC, silahkan untuk mendownload
Video tutorial merakit komputer yang diambil dari tabloid computek dapat anda download DISINI!
Atau bagi yang ingin mendownload E-book cara merakit komputer, download DISINI!

Selamat mencoba mengutak atik PC sendiri, semoga sukses !!!
Jika terdapat hal hal yang meragukan/kurang jelas silahkan menghubungi atau menanyakan ke teknisi komputer terdekat di daerah anda, atau kami juga bersedia untuk membantu (sesuai kemampuan) untuk memberikan saran atau masukan yang diperlukan.


Kartinikomputer © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates
Bang im (Batam): Mari bergabung dengan Kartini Komputer