Mari bersama berbagi informasi
KARTINI KOMPUTER SEBARKAN ILMU KEPADA SIAPA SAJA Pemberian yang tidak pernah habis adalah menyebarkan Ilmu yang bermanfaat

PC/DESKTOP
LAPTOP

Saturday, November 6, 2010

Membeli Laptop Second: Tips dan Trik

Memang saat ini harga laptop ataupun komputer baru bagi sebahagian orang sudah tidak terlalu mahal untuk dibeli, namun bagaimana dengan sebagian orang yang masih menganggap harga segitu masih mahal, mungkin salah satu alternatif untuk memiliki perangkat tersebut dengan membeli laptop second dengan harapan mengeluarkan harga separoh lebih murah namun mendapatkan spesifikasi yang relatif sama dengan yang baru.

Bagi yang memutuskan untuk membeli laptop bekas atau second ada baiknya sebelum membeli memperhatikan hal hal seperti berikut agar mendapatkan laptop second yang murah tapi masih berkualitas atau layak pakai.
Hal hal yang perlu dicek sebelum memutuskan membeli laptop second:
  1. Cek Fisik/ Tampilan: Hal yang paling pertama yang bisa dilihat adalah tampilan fisik tentunya ini bersifat kepuasan, pastikan tampilannya tidak terlalu kotor, atu ada goresan yang cukup dalam, ada beberapa sudut/ bagian casing yang pecah atau retak, atau bekas congkelan, perikasa bagian bawah laptop apakah semua baut/screw masih terpasang dengan baik pertanda laptop belum pernah masuk servisan.
  2. Cek Spesifikasi: Setelah melakukan pengecekan Fisik hidupkanlah laptop kemudian cek spesifikasi laptop, berapa processor, berapa RAM, atau kapasitas harddisknya
  3. Ketahanan Battery: Disaat hidup cabutlah charger dan biarkan laptop hidup tanpa menggunakan charger, pastikan battery tidak drop atau mati seketika, bisanya untuk laptop sekelas pentium 4 standard ketahanan battery 40-60 menit, untuk dual core 60-120 menit, atau core2 duo diatas 120 menit atau diatas dua jam.
  4. LCD atau Layar: Dibagian layar periksalah secara fisik, pastikan tidak ada bekas goresan dalam, pecah atau bergaris, periksa juga pigmen apakah ada yang mati atau tidak
  5. Fungsi Key, DVD Room, WIFI dsb, pastikan kesemuanya ditest terlebih dahulu
  6. Kualitas Harddisk: Kualitas harddisk atau tempat penyimpanan File dapat dicek dengan cara menklik sebuah program atau menghidupkan sebuah file musik tetapi suaranya di "mute" atau diminimalkan, dengarkan apakah ada suara yang agak kasar atau tidak, jika kedengaran suara seperti suara orang ngorok pertanda harddisk bakalan tidak akan bertahan lama.
  7. Engsel: Engsel adalah suatu bagian yang menghubungkan papan induk dengan layar, periksalah engsel dengan cara menutup buka layar dengan perlahan dan hati hati dan perhatikan apakah saat buka tutup sendat atau tidak, atu terdengar suara atau tidak sebab jika engsel sendat lama kelamaan akan bisa mengakibatkan pecah casing.
  8. Fan dan Tempertur: Periksalah Fan/ kipas yang berada dibagian bawah apakah masih berputar atau tidak pastikan juga masih bersih/ tidak menempel debu yang banyak, dan cek saat kondisi hidup temperatur, pastikan suhu dilaptop tidak terlalu panas
  9. Hidup Matikan : Cobalah menghidup dan mematikan beberapa kali dengan merestart terlebih dahulu laptop yang akan dibeli untuk memastikan laptop tersebut masih dapat hidup dan mati kembali dengan normal.
  10. Software yang digunakan :cek juga software yang digunakan dan pastikan sudah tidak ada virus bawaan didalam file-filenya.
  11. Sparepart atau Garansi: Pastikan laptop yang dibeli memiliki sparepart atau suku cadang yang masih tersedia bisa dengan mengecek kartu garansi, service tag, atau serial NO. Atau bagi yang sudah tidak memiliki garansi resmi laptop, mintalah garansi Toko tempat menjual selama beberapa hari.
  12. Harga: Nah jika semua teknis sudah dicek pastikan harga yang dibeli sesuai, ceklah harga baru laptop tersebut, jangan sampai laptop second harganya lebih mahal dari harga baru.
  13. Helper: Bagi yang masih awam dalam pengecekan ataupun belum terlalu mahir alangkah lebih baiknya membawa teman yang mengerti tentang teknis, atau membeli barang tersebuat ditoko yang sudah terpercaya.
Semoga Info ini bermanfaat bagi yang ingin memutuskan untuk memilih membeli laptop second.
Selamat memilih
Kartinikomputer © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates
Bang im (Batam): Mari bergabung dengan Kartini Komputer