Mari bersama berbagi informasi
KARTINI KOMPUTER SEBARKAN ILMU KEPADA SIAPA SAJA Pemberian yang tidak pernah habis adalah menyebarkan Ilmu yang bermanfaat

PC/DESKTOP
LAPTOP

Wednesday, April 21, 2010

TIPS MERAWAT LAPTOP

Agar Labtop kesayangan anda awet dan tahan lama tentunya perlu diperhatikan hal hal yang perlu dilakukan untuk merawatnya, Banyak dari kita yang mungkin hanya bisa mengoperasikan laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop bisa terawat dengan baik dan berumur panjang.

Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa Anda praktekkan:

Posisi Laptop saat Hidup

Sebaiknya bermain laptop pada posisi yang datar, tidak bergoyang/terguncang dan juga jangan meletakkan laptop di tempat tidur saat hidup, karena sebahagian Laptop memiliki Exhaust/fan di bahagian bawah jika fan ini tertutup walhasil udara panas tidak akan keluar dengan sempurna yang akan mengakibatkan over heating atau panas berlebihan pada komponen, yang bisa berakibat fatal.

Jika bermain dalam waktu lama

Anda yang lama mengoperasikan laptop sebaiknya gunakanlah pendingin tambahan dibawah laptop (fan cooler external) agar suhu laptop tetap stabil. Suhu yang stabil akan membuat laptop anda bekerja pada kondisi yang normal.



Membersihkan Layar


Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.


Membersihkan “Keyboard”


Keyboar laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran.

Perlindungan Dari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas kibor sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Lapisan anti gores juga dapat anda tambahkan untuk melindungi layar laptop.

Hindari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.

Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.

Jangan letakkan laptop di lantai.
Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

Menyimpan notebook
Setelah selesai bermain laptop dan mematikannya, sebaiknya diamkanlah 1 atau 2 menit sebelum dimasukkan kedalam tas agar panas labtop sudah stabil kembali , bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Perawatan dalam
Jika tidak mempunyai pengetahuan/ pengalaman dalam membersihkan bagian dalam laptop sebaiknya jangan melakukan aksi sendiri dalam membersihkannya, karena bisa jadi akan berakibat fatal jika saat membuka atau memasang kembali tidak sesuai dengan prosedur yang benar, sebaiknya pergilah ke bengkel kepercayaan anda untuk melakukan perawatan dalam: seperti membersihkan fan atau memberinya cairan, melumasi kembali engsel layar dsb.

So Selamat beraksi!
Kartinikomputer © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates
Bang im (Batam): Mari bergabung dengan Kartini Komputer